Thursday 26 February 2009

Finally, OSCH anak2 were waived!!

Sebagai pemegang visa 457 di Australia, gue ga berhak mendapat child care benefit. Yang berhak itu biasanya adalah citizen, permanent resident, n some of temporary visa holder, dan student visa holder yg disponsori oleh pemerintah Australia (kalo disponsori ama pemerintah Australia yah ga dapat benefit ini, loh). Buat lebih jelasnya bisa click di sini aja, yah..

Sebagai mahasiswa yang juga adalah seorang ibu rumah tangga, adakalanya gue pake juga fasilitas out of school hours ini. Pengalaman semester lalu, ada 1 hari dalam seminggu gue kuliah sampe sore yg otomatis gue ga bisa jemput anak2 tepat pada waktunya. Yah..jadi terpaksa dititip ke OSCH di sekolah. Kalo suami gue ga sibuk, dia bisa bantu pick up and drop mereka di rumah. Dan satu jam setelahnya biasanya gue udah pulang.

Berapa biaya buat titip anak2 di OSCH? Well, kalo di after school biasanya sekitar AU $ 14-an. Untuk anak di year R-2, akan dijemput di kelas masing2 tapi buat yg udah gede biasanya langsung menuju tempat OSCH langsung. OSCH ini di lingkungan sekolah juga, koq. Jam after school berarti dimulai setelah sekolah selesai s/d 18.00. Di sana mereka juga disediakan snack. Untuk before school, biasanya lebih murah dan jam operasinya dari pukul 07.00 s/d sekolah mulai sekitar 08.50.

Untuk vacation care, biasanya lebih mahal karena seharian. Gue juga pernah masukin anak2 ke sana karena antara break kuliah gue dan break sekolah anak2 ada beda sekitar 1 minggu. Nah..biaya untuk vacation care ini berkisar AU $ 35 - 45, tergantung kegiatannya. Biasanya mereka ada outdoor activites or excursion. Untuk vacation care ini kita disuggest untuk prepare snack n lunch.

Pembayarannya biasanya dilakukan every 4 weeks. Tapi untuk PASCAL sekolah Ariel di Pedare, they asked for weekly payment. Tapi sampe end of last year, gue ga pernah dapat invoice. Jadi dengan rajin dan setia gue selalu berkunjung menanyakan invoice gue. Bukan apa2, sih..soalnya semester ini gue cek ternyata ada 1 hari juga gue seharian harus di kampus. Dan melihat jadwal suami gue yg travellingnya semakin menggila, gue udah harus schedule anak2 di OSCH on permanent basis. Nah..kalo ada apa2 di masalah pembayaran n anak2 gue ga bisa dititip lagi..MATILAH GUE!!!

Finally, sore ini setelah confirm once again untuk jadwal minggu depan - soalnya my hectic life will begin next week - the directornya confirmed kalo sistem tahun lalu sudah berubah so...at the moment dia cuma write off my previous invoice. We will start with the new one starting next week, katanya. Wah..gue sih senang2 aja. Wong ga usah bayar. Hihihih..mudah2an ga ada ceritanya tiba2 kalo sistem udah settle n pembayaran harus dilunasi. Hehehe..wish me luck, yah!! :)

Jadi setelah confirmed everything for next week, kalo mereka akan jemput Nathan di kelas (katanya udah dia catat!) n Brian walks by himself ke hall, n gue get her mobile number, then i took off. Hope everything will be okay for them this semester.

No comments: