Thursday 26 February 2009

Pendidikan di Australia (1)

Sebenarnya tulisan ini mo menjawab pertanyaan Epin dari FB gue. Tapi berhubung blog-nya banyak jadi gue posting awal dari MP and hopefully it will push through to my FB. :D

Australia merupakan salah satu tempat incaran orang2 untuk menyekolahkan anaknya. Disamping diakui memiliki sistem pendidikan yg baik (peringkat 8 terbaik dunia, kalo menurut Wikipedia), living cost-nya juga relatif lebih murah dibanding dgn singapore n jepang. No wonder banyak orang2 menyekolahkan anak2nya di sini. Informasi sistem pendidikannya bisa diliat di Wikipidia itu, yah friends..

Admission masuk sekolah di OZ.

Gue mulai dari pengalaman gue masuki anak2 melalui visa subclass 457 yang gue pegang, yah.. Visa 457 adalah visa business long stay. Jadi pemegangnya bisa dianggap sebagai temporary resident bukan sekedar visitor. Please notice, yah.. Akibatnya..anak2 bisa masuk sekolah sebagai resident n ga perlu bayar uang sekolah sebagai international student. Cara masuknya..yah tinggal menghubungi sekolah yang dituju, masukkan school report terakhir (syukur2 udah diterjemahi ke dalam bahasa inggris biar mereka ngerti, hehehe..) dan kalo belum punya tempat tinggal akan diadvice sebaiknya tinggal di daerah mana aja karena mereka memakai sistem district. Tapi adakalanya mereka memberikan keleluasaan, seperti yang terjadi ama gue. Gue ga dipaksa tinggal di boundary sekolah yg gue pengen anak2 masuki.

Tapi..ada tapinya, nih.. Ga semua state memberikan kesempatan bersekolah sebagai resident bagi pemegang visa 457 ini. Seperti di NSW dan ACT, mereka men-charge school fee untuk temporary resident sebesar AU $ 4,500 - AU $ 5,500 sedangkan untuk international studentnya sekitar AU $ 7,500 - AU $ 9,500 per-tahun. Belum lagi living cost-nya. Lumayan mahal, yah..

Untuk international student, yah..berarti tahap awalnya harus berhubungan dgn departemen pendidikan di state masing2. Mereka yg menentukan prosedurnya, gue belum pernah ngalami kayak gini jadi belum bisa share.

Kebetulan gue dapat link berikut ini, kayanya banyak manfaatnya, deh.. Silahkan click-click, yah...

www.cecnsw.catholic.edu.au/Visa_Guidelines2006.doc

No comments: