Friday 15 August 2008

Di sini Nama Gue 'Sibero'

Kayaknya teman2 yang biasa ke luar negeri udah tahu deh pentingnya last name, khan? Kalo diabsent juga nama diurut bukan berdasarkan nama depan tapi last name-nya. Jadi anak gue yang namanya Ariel yang biasanya selalu diurutan atas, sekarang namanya di urutan agak bawah karena intial pertamanya khan 's'.

Ceritanya adalah tahun lalu waktu gue mo perpanjang passport. Passport lama gue yang masih manual masih bisa masuki semua nama gue yang panjangnya ga ketulungan itu. Tetapi passport baru yang pake sistem biometric, tempatnya terbatas dan ga bisa dilakukan manually. Jadi gue harus menghilangkan satu nama gue. Si orang imigrasi dengan cueknya ngilangi last name gue. Yah...gue protes, dong. Entar gue malah makin report. Soalnya data gue di SGP khan udah ada. Di US juga SSN gue pake last name. Kalo tuh orang mo main ngilangi aja, wah..ya ga bisa.

Minggu lalu juga di kampus dosen gue nanya kenapa orang Indonesia banyak yang ga punya last name. Yah..emang udah gitu dari sononya, gue bilang. Gue made sure ke dia kalo gue punya. Hehe.., 'yes, I notice it', kata doi. Yah, gue jelasi kalo cuma beberapa etnic yang punya family name yang turun-temurun. Dan untuk hal ini gue merasa beruntung. Jadi ga sampe suatu saat di kolom last name gue diisi sebagai : 'unknown'.

No comments: