Sunday 28 September 2008

Presentation About Indonesia

Guru Brian, Linda Lewis, meminta gue untuk memberikan sharing tentang Indonesia beberapa minggu yang lalu. Wah..gue sudah tentu senang banget. Cannot wait for the day, actually. Setelah menentukan hari baik dan jam baiknya, kita sepakat mengadakan dia hari Selasa pada saat gue lagi spring break.

Gue informasikan juga ke Linda klu gue akan menggunakan Powerpoint so mesti nge-check komputer di kelas apa mereka punya software itu. Bukan apa2 sih..cuma karena ga biasa bisa di depan banyak orang dan khan namanya juga bukan native speaker, jadi perbendaharaan bahasa juga ga kumplit..so better prepare for the best lah.. Hehehe..

Trus..karena mikirin juga klu gue bakal presentasikan ke anak kelas 2 SD, nah..more tricky lagi, khan? Ga mungkin gue sampein semua fakta dan data bisa2 jadi nyanyiin lagu nina bobo di pagi hari. Jadi gue memang menggunakan media ini buat nyampein lebih banyak gambar yang menarik buat anak2.

Awalnya gue cerita ttg bendera Indonesia dan the meaning of the colours. Trus..comparation antara jumlah penduduk di Indonesia dan Australia. Gile...bedanya jauh banget!! Dan mereka semakin exciting klu ternyata Indonesia itu penduduknya banyak banget. Dan gue liati gimana Jakarta itu. Penuh dengan tall buildings dan ga lupa macetnya itu. Wah..gue ceritain klu gue butuh waktu 1 jam untuk perjalanan dari rumah dan sekolah (waktu gue SMA). Hehhe..okey..okey..gue agak berlebihan padahal dulu cuma sekitar 30 menitan sih..dari rumah gue di Kemang - Bangka ke SMAN 6 Mahakam. Hihih..

Trus..gue juga liati contoh sekolah di Indonesia. Yah..pilih yang bagus, dong..dan contoh kelasnya. Mereka nanya cara naruh tas, naruh buku dan tempat pensil. Trus..mereka berkesimpulan kalo sekolah di Indonesia lebih 'cool' dari sekolah mereka. Hahaha..emang rumput tetangga selalu lebih hijau, yah..

Ga lupa dong..contoh beberapa permainan di Indonesia, kayak main layang2, congkak, gundu, dan olah raganya seperti bulu tangkis, sepak bolah. Juga beberapa kebudayaan, seperti Jawa, Batam dan Bali - yang terakhir ini cukup sering terdengar di Australia karena kedekatannya.

Terakhir gue pakein mereka beberapa koleksi kain gue dan kebaya yang kebetulan selalu gue bawa kemanapu gue pergi. Dan..ga lupa gue masakin mie goreng supaya makin klop acara mengenal budaya mereka.

Gue bangga menjadi orang Indonesia dan ini juga salah satu alasan gue menolak untuk memasukkan anak2 gue ke New Arrival Program menggantikan sekolah mainstream mereka. Buat apa?? Mereka ga butuh belajar budaya Australia wong..busaya Indonesia jauh lebih kaya dan beragam dan jauh lebih layak untuk dipelajari, koq..

No comments: