Saturday 5 July 2008

Anak Cerdas dari Siapa?

Beberapa hari yang lalu gue dapat telephone dari kenalan. Duh..kalo ngobrol luaammmaaa..., euy.. Masa sampe 2 1/2 jam? Makanya gue ga gitu suka nelephone kecuali kalo kepaksa. Hehe..saking hobby ngobrol, klu nelephone ga kira-kira, minimal se-jam. Itu juga pake ga sadar. Hiks..

Nah, biasanya kalo udah ngobrol lama yah..udah ngawur ngidul. Hehe..apa aja udah diceritain sampe rahasia dapur. Entah kapan-kapan sampe rahasia kamar. Hehe.. Kebetulan topik cerita sampe ke masalah anak. Si teman cerita anak si anu pinter, anak si ini pinter. Yah, liat ajah bapake. Hhmmm..gue mo komen saat itu tapi ga enak, akh.. Gue khan ga tipe konfrontir. Hehe..atau pengecut? hehe..beti, yah?

Gue cuma keingat pelajaran Biologi di SMA dulu soal genetika. Katanya kecerdasan seorang anak itu boleh dianggap peran dari si ibu. Kenapa? Sedikit ulasan yang ga ilmiah, seorang perempuan mempunyai 2 kromosom X sedangkan laki-laki hanya memiliki 1 kromosom X dan 1 kromosom Y. Jadi kromosom X yang didapat dari seorang laki-laki adalah yang berasal dari ibunya. Singkat kata, kalo kromosom X yang bertanggung jawab terhadap kecerdasan berarti buat anak laki-laki kecerdasannya hanya berasal dari ibunya.

Untuk anak perempuan, kromosom X dia dapat satu dari ibunya dan dari satu lagi tentu berasal dari ayahnya yang pastinya berasal dari ibunya atau si nenek si anak perempuan itu. Kayaknya sah aja dikatakan untuk anak perempuan kalo kecerdasannya menurun dari ayahnya, yah?

Tapi harus diakui juga kalo perempuan yang tidak sekolah tinggi belum berarti dia ga cerdas, loh. Banyak faktor yang membuat dia seperti itu, salah satunya adalah faktor kesempatan, khan? Tapi buat perempuan yang bersekolah tinggi, hhmmm...kayaknya boleh dong berbangga hati atau sedikit jual mahal kepada calon suaminya karena mereka sudah pasti menjanjikan perbaikan keturunan. hehe..

Gue juga teringat iklan teh dulu banget jamannya gue mo kuliah. Kalo anaknya berprestasi so pasti si bapak bilang, 'iya dong..siapa dulu bapaknya'. Hhmmm..kayaknya iklan ini harus diubah sekarang. Iya kalo anaknya perempuan, nah..kalo anaknya laki-laki yah ga sah, khan? Hehe..

Waktu gue dulu keterima UMPTN, nah..bokap gue kebetulan lagi ada suspim minggu-minggu itu. Nah..mereka semua rata-rata seumur dan beberapa diantara anaknya juga mo kuliah kayak gue. Paginya setelah memborong semua koran yang ngumumin hasil UMPTN dan meyakinkan seyakin-yakinnya kalo gue keterima, bokapgue berangkat kantor dengan bahagia. Tentunya di kantor mereka nanya2, dong.. Mereka nanya ke bokap gue, "Pak Sibero, anaknya keterima dimana?" Tanpa ragu dong bokap gue jawab, "Ya di ITB, dong.. Siapa dulu bapaknya." Haha...yah, gue pikir sah-sah aja wong kromosom X gue ada 2 dan bisa2 aja kecerdasan gue berasal dari bokap, yah ga? Hehe..

No comments: