Saturday 12 July 2008

Winter Holiday - Day 5

View Larger Map

Pagi ini gue bangun agak cepat. Soalnya tidurnya ga nyaman banget. Orang2 rame banget sampe tengah malam jadi tidur gue agak keganggu. Dan dari jam 06.00 orang2 juga udah mulai ribut di hall. Biasa lah..namanya liburan dan juga di ski resort jadi mereka pengen buru-buru ke gunung. Setelah dengan susah payah ngebangunin anggota, baru deh..bisa turun buat sarapan pukul 08.45. Padahal gue udah bilang kalo at least pukul 09.00 udah harus berangkat dari penginapan. Apa daya…tangan tak sampai. Hiks..

Setelah sarapan sekitar pukul 10.00 mulai cari toko buat sewa peralatan ski. Banyak banget yang sediain di sekitar penginapan jadi kita jalan kaki aja. Kita masuk ke satu toko dan kayaknya harganya lumayan miring, deh. Oh ya, sebenarnya di Perisher juga nyewain tapi harganya agak mahal dan kalo kita bisa dapat di kota harga tiap toko khan bersaing tuh, jadi lebih murah. Nah..di tempat itu kita sewa pants/parka karena celana kita-kita ga ada yang waterproof, trus..helmet (ini mandatory buat anak-anak), ski-poles-and boots. Kalo google harus beli karena mereka ga sewain. Trus..kita juga harus informsikan kalo kita ini first timers on skiing jadi akan dicariin peralatan yang lebih ringan. Ada deh..tabelnya ama mereka. Termasuk juga kita ditimbang berat badannya. Ga lupa juga nyewa toboggan. Hehe.. Karena nyewanya banyak banget dikasih diskon deh 15% dengan tokonya. Lumayan jee… Oh ya, buat nyewa boleh lebih dari 1 hari dan kalo nyewa lebih dari 1 hari malah jatuhnya lebih murah, tuh. Untuk semua informasi tentang safety di daerah dingin/salju bisa diliat di site-nya Perisher, koq atau juga click aja yang ini.

Setelah got organized – nyampe juga 1 jam, loh..soalnya mesti ngepasin pants, boots, belajar cara makenya, dll – kita berangkat ke Perisher Valley. Sampe di sana, seperti yang sudah gue duga, parkir penuh. Sampe banyak yang parkir di pinggir jalan. Akhirnya suami gue bilang kita turun duluan aja buat main toboggan dulu dan dia cari parkir. Karena waktunya mepet banget dan bolak-balik ke mobil buat ganti sepatu dan ambil peralatan ski bisa sampe 45 menit, yah..kita telat ketemu instruktur ski-nya. Tapi dia masih nunggu, koq. Akhirnya kita mulai belajar ski pukul 13.20 (20 menit telat dari yang seharusnya).

Pertama-tama kita diajari cara makein boots ke papan ski dan cara ngelepasinya lagi. Terus mulai masang di satu kaki dulu dan coba jalan. Hehe..susah juga. Trus..gantian ke kaki yang satu lagi. Oh ya, papan ski itu ga ada kanan dan kirinya tapi yang pasti ada depan belakangnya, loh. Baru kemudian kedua kaki dipakein papan skis. Untuk anak-anak ga perlu pake poles jadi mereka udah langsung belajar dengan menggerakkan badannya aja. Kita mulai belajar meluncur, berhenti, belok dan mendaki. Capek juga. Setelah 30 menit, suami gue nyerah. Tiga puluh menit kemudian, Brian juga ga mau lagi. Jadi cuma tinggal 3 survivors. Haha..

Setelah lumayan bisa ngendaliin ski-nya, kita naik ke magic carpet sejenis conveyor yang bisa bawa kita ke luncuran agak tinggi. Belum naik lift, loh.. Ternyata salju di tempat itu lebih padat dan licin, jadi ngeluncurnya agak cepat. Ngeliat luncuran agak cepat gitu, Brian mulai agak excited lagi dan dia minta ikutan. Jadi akhirnya kami ber-4 lagi.
Ga terasa 2.5 jam udah berlalu, lumayan capek tapi senang karena mulai bisa menikmatinya. Si intruktur, Manuela, nanya apa besok masih main lagi. Gue bilang nggak, soalnya udah rencana akan berangkat ke Sydney. Dia bilang, ga apa tapi usahakan untuk tetap berlatih karena basic-nya udah bisa. Dia bilang kalo tambah 1 hari lagi pasti sudah bisa naik lift-nya. Iya, sih..itu juga rencana gue untuk ambil 2 hari awalnya. Mudah-mudahan tahun depan masih bisa, yah?

Pukul 16.30 kita mulai jalan pulang ke Jindabyne lagi. Sekalian cari makan – kita sampe skip makan siang, loh.. Setelah makan, kita ngembaliin semua peralatan yang disewa dan sampe di kamar lagi pukul 18.30. Cape banget, sih..tapi juga senang banget juga. Gue dan anak2 sangat menikmati main ski dan absolutely akan balik lagi kalo ada kesempatan. Mudah-mudahan suami gue mau juga berusaha menyukai skiing, soalnya we love it already.