Friday 11 July 2008

Winter Holiday - Day 4

View Larger Map

Hari ini semua bangun agak telat. Soalnya pada kecapean, ngkali ya? Jadi yang rencananya mo berangkat pagi supaya kekejar dapat 1 lesson skiing hari ini bakal buyar, deh.. Lagian gue juga harus check emails buat ngeliat jadwal mata kuliah untuk semester ini supaya bisa enroll class. Hehe..jadi sebagian kayaknya salah gue, sih..

Finally, kita baru berangkat dari hotel pukul 11.00. Jauh banget dah..dari rencana. Tapi, ga apa, sih…namanya juga liburan, yah..hal-hal yang ga terduga kayak gini memang udah harus bisa diterima. Tujuan hari ini adalah ke Snowy Mountain dengan jarak tempuh 178 km. Rencana awal, sih..pengen dapat juga les ski supaya bisa dilanjuti dengan besok, jadi pulang liburan udah pada jadi pakar. Tapi karena suami gue bilang ga perlu booking dulu, soalnya belum tentu anak2 juga suka - soalnya dia ga suka, tuh - hehe..jadi emang gue belum booking lesson-nya. Pengen liat juga gimana suasana di sana dan gimana antusiasnya anak2 dengan salju. Soalnya ini pertama kali buat mereka, khan?

Sepanjang jalan rame banget ketemu orang2 yang memang mo skiing. Mobil2nya banyak yang sekalian bawa peralatan ski. Nah, karena masuk ke kota Cooma udah hampir pukul 12.00pm dan Ariel juga ingati Papanya supaya isi bensin, jadi kita sekalian singgah buat makan siang. Duh..rame banget, deh.. Kita makan di rumah makan China dan pulangnya beli take away KFC sekalian buat malam. Gila..antrinya panjang banget! Di Cooma juga udah banyak toko-toko yang mulai menyewakan peralatan ski dan wheel chains. Untuk mobil yang 2WD (wheel drive) diwajibkan membawa wheel chain (rantai mobil) untuk persiapan jalanan yang licin di pegunungan nanti. Kalo ada pemeriksaan ternyata ga bawa, didenda AU $300. Untuk kendaraan 4WD ga wajib. Nah, karena kendaraan kita kebetulan 4WD, jadi kita ga perlu sewa lagi.

Nyampe di Jindabyne (cara bacanya : jindabain) ternyata udah jam 14.30 jadi mo nyoba check-in ke penginapan dulu supaya bisa tinggali barang. Oh ya, Jindabyne itu ternyata indah banget, loh. Ada danaunya dan kebetulan penginapan yang bakal kita tinggali menghadap danau. Duh..keren banget, deh. Untung juga udah booking penginapannya jauh2 hari karena ada juga beberapa orang yang datang nyari kamar tapi udah ga ada lagi.

Oh ya, untuk survey tentang Snowy Mountain ini gue suka masuk ke web-nya Perisher atau juga bisa ke Snow Holidays. Untuk peak season kayak gini, umumnya mereka hanya mo terima 2 night, 5 nights dan 7 nights reservations. Jadi karena kita cuma 2 malam aja terpaksa ambil yang weekend karena cuma untuk weekend yang ada 2 nights-nya. Dan untuk winter umumnya semua penginapan menyediakan sarapan pagi yang sudah termasuk diharga kamarnya. Jadinya memang agak mahal. Tadinya karena penginapan di gunung sudah penuh dan dapat kamar available dengan harga yang lumayan miring yah..di Banjo Paterson Inn. Tapi ternyata untung banget karena di pusat kotanya jadi mo ke supermarket, cari makan China juga cuma a walk away. Hehe.. Setelah masuki barang kita berangkat lagi ke Perisher Valey buat liat snowsport school-nya. Tapi sebelumnya mampir dulu ke Visitor Center buat dapati semua informasinya.

Untuk masuk ke Kosciuszko National Park harus bayar dan untuk 24 jam sekitar AU $ 27. Kita ambil yang itu supaya bisa sampe besok. Sampe di Perisher Center udah pukul 16.30 dan orang-orang sebenarnya udah mulai berpulangan. Jadi buru-buru nyari counter-nya dan daftar untuk besok. Gue ambil Family Private Lesson untuk 2.5 jam. Sebenarnya harganya up to 4 persons tapi Nathan bolehlah dianggap anak bawang. Lagian pasti juga enti ada yang nyerah. Hehe..

Setelah itu kita pulang dan salju mulai turun jadi sebelum keluar dari tempat parkir, para petugasnya ngasih nasehat : drive slowly, do not make any sudden moves or turns and try not to hit the break and if you have to do it, break slowly. Nah..setelah yes..yes..and ok and thank you, baru kita maju pelan-pelan ngikuti mobil2 di depan. Merayap, euy..

Akhirnya sampe di kamar lagi dan siap2 untuk tidur untuk acara besok. Cihhhuuyy…