Tuesday 8 July 2008

Winter Holiday - Day 1


View Larger Map

Liburan kami dimulai pukul 09.30 am dari Golden Grove. It supposed to be earlier tapi apa daya, karena hari agak mendung jadi sembunyi di balik selimut kayaknya lebih enak. hehe.. Akhirnya semua kelar jam segitu, yah..berangkat deh. Nyantai aja, namanya khan liburan, yah ga?


Tujuan pertama sebenarnya adalah ke Canberra, mau lapor diri dan suami gue perlu perpanjang passport soale halamannya udah habis meskipun masih berlaku 2 tahun lagi. Udah konsultasi ke embassy sebelumnya dan mereka sarankan buat baru sekalian dengan passport lama ditempel soalnya banyak visa yang masih berlaku. Lapor diri juga emang udah direncanakan jauh-jauh hari. Yah, namanya masih warga negara Indonesia jadi mesti lapor keberadaan. Supaya kalo ada acara nyoblos2 masih bisa ikutan. Hehe.. Loh, benar khan? Wong itu hak koq, bukan kewajiban. Hehe...


Sebenarnya lapor diri dan perpanjang passport ini bisa dilakukan melalui pos karena forms juga udah dikirim ke rumah, koq. Tapi berhubung ada niatan buat jalan-jalan sekalian, yah..kita bilang ke embassy kalo mo datang langsung. Wah..mereka malah senang, dong.


Oh ya, persiapan liburan ini udah dilakukan 2 minggu sebelumnya. Untuk keperluan perjalanan/peta gue nyari di google earth dan petanya kita print pake google map. Semuanya udah tersimpan rapi di plastic folder lengkap dengan semua reservasi. Anak gue, Ariel yang memang jago banget spatial skills dan sangat maniak soal peta yang bertanggung jawab untuk ini. Soalnya dia juga yang akan jadi GPS untuk perjalanan ini sama seperti tugas dia sebelumnya beberapa bulan yang lalu dalam perjalanan ke Melbourne, Victoria.


Untuk penginapan gue suka cek di wotif.com. Ini berkat informasi dari Astri di Canberra. Thanks, Astri.. Atau juga melalui check-in.com.au. Dari ke-2 web ini gue bisa liat pilihan harganya. Tapi gue ga gitu suka booking hotel melalui agent karena gue ga suka bayar di depan apalagi bukan ke hotel yang bersangkutannya langsung. Biasanya setelah dapat lokasi dan perkiraan budget, gue suka langsung menghubungi hotel/motelnya langsung untuk booking. rasanya lebih aman.


Menurut si Oom Google Map, perjalanan dari rumah di Golden Grove sampe ke Canberra adalah sejauh 1,178 km jadi sekitar 14 jam lebih. Gue rasa ga akan kuat deh langsung nyetir segitu jauh, jadi gue harus cari tempat di tengah buat istirahat. Bukan cuma kasian anak2 tapi juga kasian supir hehe.. setelah survey di google juga kayaknya nemu kota Hay yang menurut data populasi-nya lumayan rame dan mudah2an nantinya cukup aman. Jarak ke Hay adalah 672 km sekitar 8 jam-an. Gue udah juga booking penginapan di sana, yah..kuatir nantinya ga ada tempat tidur mana lagi school holiday, khan? Kita booking di Nicholas Royal Motel di city center-nya. Tujuan gue nyari hotel/motel di city center-nya adalah pertama, soal keamanan. Kalo di tengah kota - apalagi kota yang agak sepi - pilihlah penginapan di tempat yang ramai. Di city center pasti dekat dengan kantor polisi, rumah sakit, dan banyak orang. Yang kedua adalah gampang cari tempat makannya. Untungnya lagi di Hay ada rumah makan China jadi lumayan banget buat anggota keluarga gue yang masih pada perut Melayu. Hehe..belum makan kalo belum makan nasi, euy..


Perjalanan ini kita melewati 'outback' australia. Jadi memang kota-kota yang dilewati ga rame. Dalam perjalanan, suami gue juga udah kuatir kalo Hay juga bakal sepi banget dan dia mulai kuatir soal keamanan. Dia mulai nanya ke Ariel berapa jauh lagi ke Canberra karena kalo ga jauh lagi dia rasa lebih baik langsung aja ke sana ketimbang mesti nginap 'in the middle of nowhere'. Hehe..itu kata dia. Ternyata masih 6 jam lagi dari Hay ke Canberra jadi gue rasa lebih riskan lagi mana kalo winter khan lebih cepat gelap. Yah, akhirnya kita mutusi tetap pada rencana awal, yaitu nginap di Hay.


Ternyata kota Hay lumayan juga dan yang nginap di motel ini juga banyak keluarga yang lagi on the way to some place jadi kayaknya aman. Kamarnya juga decent soalnya ada bunk beds-nya. haha..Beneran loh, anak gue sampe rebutan siapa yang malam ini tidur di atas. Norak, yah? Lagian ada koneksi internet gratis. Haha..jadi lumayan bisa langsung pegang laptop dan up date sana-sini juga nulis perjalanan. hehe..

No comments: